Monday, October 13, 2014

Printer
Printer merupakan alat pencetak dengan media kertas. Printer dapat digolongkan kedalam beberapa macam golongan yaitu: impact printer, dan non impact printer. Dipandang dari cara mencetaknya, printer dapat digolongkan kedalam serial printer, line printer dan page printer.
  • Impact printer
Impact printer menggunakan pengetuk (hammer) untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Printer jenis ini mempunyai beberapa tipe yaitu: dot matrix printer dan full character printer ( pencetak karakter penuh). Yang termasuk full character printer adalah daisy wheel printer, thimble printer, chain printer, hand printer dan drum printer
Dot matrix printer yang paling banyak digunakan untik printer jenis impact printer adalah dot matrix printer. Dot matrix printer (pecetak matrix titik). Menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Daisy wheel printer juga popular. Printer ini disebut demikian karena menggunakan sebuah roda (wheel) yang berisi karakter-karakter.
Thimble printer juga merupakan letter quality printer menggunakan elemen berbentuk thimble yang terdiri dari bilangan plastik yang diatur melingkar seperti daisy wheel tetapi batangan tersebut dibengkokan. Chain printer menggunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya.
Band printer cara operasinya sama dengan chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter. Drum printer adalah printer yang kumpulan karakternya pada tumpukan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom pencetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter drum.
  • Non impact printer
Impact printer kerjanya dengan mengetuk bentuk dari karakter kertas, maka non impact printer bekerjanya dengan cara menyemprotkan kertas dengan tinta. Kelemahan dari non impact printer adalah tidak dapat membuat sekaligus beberapa rangkap hasil cetakan.
Inkjet printer membentuk karakter atau grafik dengan suatu kepala cetak yang mempunyai pipa penyemprot kecil (nozle) yang menyemprotkan tinta ke kertas.
Thermal printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang berisi masing-masing dipanasi secara terpisah. Kertas yang digunakan untuk thermal printer adalah kertas khusus yang peka terhadap panas.
Elektostatic printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi diberi aliran listrik. Cara kerjanya adalah sama dengan thermal printer. Thermal transfer printer merupakan printer teknologi panas (thermal) yang baru dan dapat mencetak dalam bentuk warna. Printer jenis ini menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan suatu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang dilekatkan pada lilin.
Laser printer merupakan teknologi gabungan antara teknologi xerographic yang ditemukan di fotocopy dengan teknologi laser. Dengan sistem ini output digital dari komputer akan dirubah menjadi pulsa sinar laser dan ditembakan ke suatu drum yang peka terhadap sinar laser.
Serial printer atau disebut juga dengan nama character printer karena cara mencetaknya adalah suatu karakter tiap saat secara serial. Timbel printer, inkjet printer, thermal printer, electrostatic printer, dan thermal transfer printer. Kecepatan dari serial printer diukur dengan satuan CPS (Character Per Second)
Line printer bekerja dengan cara mencetak satu baris sekaligus setiap saat. Yang termasuk jenis ini adalah chain printer, band printer, dan drum printer. Kecepatan dari jenis printer ini diukur dengan satuan LPM (Lines Per Minute).
Page printer adalah jenis printer yang mencetak satu halaman tiap saat. Yang termasuk page printer adalah laser printer.  Kecepatan cetak sangat tinggi bisa mencapai 20.000 per baris dalam tiap menit (20.000 LPM), yang berarti sekitar 333 baris perdetik.
Intelegent printer controller merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah atau beberapa printer, sehingga sebuah printer dapat dipergunakan bersama-sama secara otomatis atau output dipindahkan antara satu printer dengan printer yang lain. Printer controller ini dikatakan intelegent karena mempunyai CPU dan memory sendiri yang akan mengatur penggunaan printer bersama-sama.
2. Plotter
Plotter adalah alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik dan gambar dengan baik. Kebanyakan plotter menggunakan pen (pen plotter) untuk membentuk gambar yang dicetak. Pen plotter menggunakan drum (drum plotter) dan ada juga yang menggunakan meja datar untuk landasan kertasnya (flat bed plotter) dan ada juga yang menggunakan meja gantung (roller bed plotter).
3. Komputer Output Micro Film
Komputer output micro film untuk mengurangi jumlah dari kertas yang dihasilkan dari output komputer telah dikembangkan beberapa alat diantaranya adalah Computer Output Micro Film (COM) atau disebut juga dengan Micro Graphic. Hasil output yang dihasilkan oleh komputer dengan menggunakan COM akan diletakan pada suatu media micro film.
Soft Copy Device
Yang termasuk soft copy device adalah video display, flat panel display dan speaker. Video display merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau Cathode Ray Tube (CRT). Biasanya video display dilengkapi dengan keyboard yaitu sebagai alat input dan sebagai alat output yang disebut dengan terminal dan terkenal dengan nama CRT terminal atau VDT (Visual Display Terminal). Video display disebut juga dengan sebutan VDU (Visual Display Unit). Tampilan di video display dilakukan dengan menyinarkan sinar elektron ke suatu titik layar. Masing-masing titik video display disebut picture element atau singkatnya picel (pixel). Video display  dapat digolongkan di dalam alphanumeric display dan grafik display. Dipandang dari warna yang dapat di tampilkan digolongkan dalam monochrome dan color display. Alphanumeric display digunakan untuk menampilkan teks karakter (huruf, angka, karakter khusus) beberapa komputer ada yang menggunakan layar CRT yang dibagi dalam 25 baris dan 40 kolom. Dan ada juga yang dibagi dalam 16 baris dan 60 kolom.
Graphic display berguna untuk menampilkan grafik maupun gambar. Graphic display mempunyai kemampuan menampilkan grafik dan gambar dan berfungsi sebagai alphanumeric display yang juga dapat menampilkan teks dan karakter.
Color display menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah yaitu warna merah, biru, dan hijau yang dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan di layar.
Layar dari video display ukurannya terbatas dan tidak jelas terlihat tampilannya dari jarak jauh seperti misalnya untuk rapat, seminar, sidang, training pendidikan sebagai tambahan dapat digunakan Computer Display Proyektor atau disebut dengan Computer Data Proyektor untuk memproyeksikan tampilan di video display ukuran besar.
Flat panel display merupakan display yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih. Flat panel display selain menggunakan LCD juga ada yang menggunakan gas dan disebut plasma display.
Speaker digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi suara yang bisa ditangkap oleh telinga manusia. Output manusia yang lewat speaker dapat digolongkan menjadi speech coding, yaitu suara manusia asli yang sudah direkamkan ke komputer dan speech synthesis. Dengan perangkat lunak ini dapat diprogram output suara yang dikehendaki. Yaitu dengan menuliskan kata atau kalimat dan akan dihasilkan output berupa suara. System dectalk yang terdapat pada computer digital equipment corporation dapat membaca suatu teks dan merubahnya kedalam ucapan.

No comments:

Post a Comment